Di sebuah resto di San Francisco, ada seorang konsultan yg heran melihat keramaian di Restaurant Lie Po. Dia mencoba makan disana pd sebuah siang yg ramai.

Pelayan dgn ramah melayaninya dgn bhs Inggris yg tdk fasih, sang Konsultan memesan “Orange Chicken with Rice” & dia meminta minuman “Coke Zero”. Pelayan berkata: “Maaf, kami kontrak dgn Pepsi & tdk menjual produk Coca Cola. Apakah dpt kami tawarkan Diet Pepsi?” Sang Konsultan menolak & hanya meminta air putih saja. Ketika dia sedang makan, tiba2 ada seorg berpakaian rapi membawa “Coke Zero” & es batu, menaruh didepan pelanggan itu & berkata sambil tersenyum “tadi anda menginginkan Coke Zero kan?” lalu berlalu.

Sang Konsultan meminum dgn puas dan memanggil pelayan yg tadi melayaninya. Sang Pelayan datang dan. tersenyum melihat Coke Zero ada disana.Pelayan berkata: “Nah sudah ada minuman kesukaan Bapak kan?” Pelanggan: “Tadi katanya tidak ada? Ini kok ada?” Pelayan: “Benar, baru saja kami belikan di pasar swalayan di seberang. Restoran lagi ramai, siapa yg membelikan? ”Manager kami, dia tidak terlalu sibuk dibelakang.”.Lho, katanya Restaurant ini sudah kontrak dgn Pepsi?”. “Ya, kalau menjual Coca-Cola memang tidak boleh, tapi kalau memberi sesuatu secara gratis kpd pelanggan sy kira itu boleh-boleh saja dan itu tak tercantum dalam kontrak.” jawabnya sambil tersenyum.

“Memberi pelayanan yg baik adalah hal yg umum dan dilakukan oleh semua perusahaan, memberikan hal yg lebih dan yg tidak terduga bisa menjadi kunci sukses dijaman ini”.

Ciptakan “Moment of Satisfaction” yg memberikan impresi luar biasa, yg akan selalu diingat oleh pelanggan anda, sehingga dia akan setia pd perusahaan anda dan mau merekomendasikan produk anda kepada org lain. Moment ini tidak hanya berlaku pd pelanggan penjualan saja. Hal yg sama berlaku juga utk sebuah Kepemimpinan, Teamwork, ataupun dalam Kehidupan Sosial kita sehari-hari. Melakukan hal lebih yg menyentuh adalah kesempatan kita utk diingat, dicinta & diikuti orang lain
SEMANGAT PAGI # Anatawa

EnglishIndonesianJapanese