Seorang pria Amerika masuk ke sebuah restoran di London. Begitu ia masuk, ia melihat seorang pria Afrika yang duduk di sudut. Lalu dia berjalan ke counter, mengeluarkan dompetnya dan berteriak, “Pelayan! Saya membeli makanan untuk semua orang di restoran ini, kecuali orang kulit hitam Afrika di sana!”

Lalu pelayan mengambil uang dari orang itu dan mulai melayani makanan gratis untuk semua orang di restoran, kecuali orang Afrika tersebut.

Namun, bukannya menjadi marah, orang Afrika itu hanya menatap orang Amerika dan berkata, “Terima kasih!” kepada pria itu.

Ini telah membuat marah orang Amerika itu, lalu sekali lagi, ia mengeluarkan dompetnya dan berteriak, “Pelayan! Kali ini saya membeli anggur dan makanan tambahan untuk semua orang di bar ini, kecuali orang Afrika yang duduk di pojok sana!”

Kemudian pelayan mengambil lagi uang dari orang itu dan mulai melayani makanan gratis dan anggur untuk semua orang di bar kecuali orang Afrika itu.

Ketika pelayan selesai melayani makanan & minuman,
sekali lagi, bukan menjadi marah, orang Afrika itu hanya tersenyum pada pria Amerika dan berkata, “Terima kasih!”

Orang Amerika itu sangat marah, lalu ia bersandar ke depan counter dan berkata kepada pelayan, “Apa yang salah dengan pria Afrika itu? Saya telah membeli makanan dan minuman untuk semua orang di bar ini kecuali dia, tapi bukannya menjadi marah, dia hanya duduk di sana dan tersenyum padaku dengan teriakan “Terima kasih.” Apakah dia gila???”

Pelayan tersenyum dan mengatakan kepada pria Amerika, “Tidak, ia tidak gila. Dia adalah pemilik restoran ini.”

Semoga musuh Anda tanpa mengetahui telah bekerja mendukung Anda.

Jauhi AMARAH.. Karena itu hanya akan menyakitkan Anda!
Jika Anda benar, maka tidak perlu marah.
Dan jika Anda salah, maka Anda tidak memiliki hak untuk marah.
Kesabaran terhadap keluarga adalah KASIH.
Kesabaran terhadap orang lain adalah HORMAT.
Kesabaran terhadap diri sendiri adalah PERCAYA DIRI.
Dan…
Kesabaran terhadap TUHAN adalah IMAN.

EnglishIndonesianJapanese